Jumat, 15 April 2016

APA ITU ILMU EKONOMI?



Ilmu ekonomi muncul dikarenakan adanya masalah yang dihadapi oleh setiap masyarakat, yaitu masalah kelangkaan. Kelangkaan adalah suatu kondisi dimana terjadinya ketimpangan antara kebutuhan atau keinginan manusia yang tidak terbatas jumlanhnya dengan kemampuan manusia yang terbatas untuk memperoleh alat pemuas kebutuhan tersebut.

Ada juga pendapat bahwa kelangkaan adalah kondisi dimana terjadinya ketimpangan antara kebutuhan atau keinginan manusia yang tidak terbatas jumlanhnya dengan sumber daya atau alat pemuas kebutuhan manusia yang terbatas jumlahnya. Pernyataan tersebut tidak salah, namun perlu di jelaskan perihal terbatasnya sumber daya atau alat pemuas kebutuhan itu.

Sesungguhnya sumber daya yang tersedia di dunia ini untuk memenuhi kebutuhan manusia tidak terbatas jumlahnya. Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman dalam surat Al-Jatsiyah ayat 12-13. 

Allah-lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizin-Nya dan supaya kamu dapat mencari karunia -Nya dan mudah-mudahan kamu bersyukur”.

"Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir". (Q.S. Al-Jatsiyah 12-13).

Dalam ayat tersebut diterangkan bahwa Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah menundukkan apa yang ada di langit dan apa yang ada dibumi termasuk didalamnya matahari, bulan, bintang, air, udara, pohon-pohon, binatang ternak, barang tambang, besi dll untuk dimanfaatkan oleh manusia dengan sebaik-baiknya dan agar kita bersyukur atas apa yang telah Allah Subhaanahu wa Ta'aala anugerahkan kepada kita.  

Jadi agaknya keliru apabila kita mengatakan bahwa sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan manusia itu terbatas. Karena sebenarnya yang terbatas adalah kemampuan manusia untuk mendapatkan alat pemuas kebutuhan.  Kemampuan manusia terbatas dalam mengolah sumber daya yang telah Allah Subhaanahu wa Ta'aala berikan menjadi barang yang dapat memenuhi kebutuhannya. Kemampuan manusia terbatas untuk mendistribusikan sumber daya atau alat pemuas kebutuhan yang ada sehingga semua orang bisa mengambil manfaat darinya. Dan keterbatasan kemampuan manusia itulah yang menyebabkan terjadinya kelangkaan.

“Jadi ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka yang tidak terbatas  dengan memaksimalkan kemampuan mereka yang terbatas dalam memanfaatkan sumber daya yang ada dengan cara yang diridhai oleh Allah Subhaanahu wa Ta'aala yang tujuan akhirnya adalah untuk mendekatkan diri kepada-Nya”.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar